Mengulik Kerajinan Tangan dari Kertas Origami Sederhana

By On Sabtu, April 21st, 2018 Categories : Kerajinan Dari kertas

Ragam kerajinan tangan dari kertas origami merupakan salah satu keterampilan yang banyak disukai oleh anak-anak hingga dewasa. Seni melipat kertas ini bisa memiliki banyak variasi bentuk dengan memanfaatkan berbagai jenis kertas. Namun, apakah Anda tahu bagaimana sejarah origami dan bentuk apa saja yang bisa dibuat dengan origami?   

Sejarah Kerajinan Tangan Origami

Origami merupakan seni melipat yang datang dari Jepang. Seni melipat ini menggunakan bahan berupa kertas atau kain berbentuk persegi. Itu sebabnya seni melipat ini disebut dengan origami atau dari kata ori yang berarti “lipat” dan gami yang berarti “kertas”.

Meski origami identik dengan Jepang, ternyata seni melipat kertas ini diperkenalkan oleh Tg’ai Lun seorang Tiongkok pada era awal tahun 105. Kemudian, pada tahun 610 seorang biksu Buddha bernama Doncho (Dokyo) memperkenalkan cara membuat kertas dan tinta. Seni ini kemudian berkembang pesat di zaman Muromachi dan Edo (1603 – 1868).

Awalnya origami dipakai sebagai hiasan pada upacara tradisional keagamaan. Namun, mulai tahun 1950an origami mulai berkembang menjadi beragam bentuk binatang maupun bentuk dekoratif lainnya. Origami pun berkembang menjadi kesenian masyarakat yang populer baik di Jepang maupun di kawasan Eropa.

Beberapa Contoh Kerajinan Tangan dari Kertas Origami

Sekilas membuat kerajinan tangan dari kertas origami tampak begitu mudah. Tapi, kesenian melipat kertas ini membutuhkan keuletan dan kesabaran terutama ketika membuat origami dengan berbagai bentuk yang cukup rumit seperti di bawah ini misalnya.

1.Origami kupu-kupu sederhana

  1. Untuk membuat origami berbentuk kupu-kupu, Anda harus mempersiapkan kertas origami maupun kertas kado warna-warni, benang panjangnya sekitar 15 cm dan pita untuk menggantung kupu-kupu.
  2. Lipat kertas origami menjadi bentuk segitiga sehingga membentuk garis diagonal di tengahnya.
  3. Kemudian lipat kertas dengan lebar sekitar 1cm. Lipat secara zig zag mulai dari tengah lipatan sampai ke tengah garis.
  4. Ulangi lipatan zig zag ke sisi kertas yang lain.
  5. Buat kembali lipatan zig zag menggunakan kertas yang lain.
  6. Satukan kedua kertas yang dilipat tadi dan rekatkan menggunakan pipa warna tepat di bagian tengah kertas.
  7. Tekuk pipa tersebut sehingga berbentuk menyerupai antena kupu-kupu.
  8. Buka tepi lipatan kertas sehingga tampak seperti sayap kupu-kupu yang sedang terbang.
  9. Anda bisa membuat origami kupu-kupu ini dalam beberapa warna dan menyatukannya dengan tali atau pita di sisi bagian tengah badan kupu-kupu sehingga menjadi satu rangkaian yang unik dan indah.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa membuat kerajinan tangan dari kertas origami berbentuk kupu-kupu lainnya dengan cara seperti ini :

  1. Bahan yang digunakan untuk membuat kupu-kupu yang kedua ini sama seperti cara sebelumnya.
  2. Siapkan kertas origami, kemudian lipat membuat garis diagonal. Putar kertas lipat dan buat garis lipatan sehingga membuat garis diagonal antara sudut ujung kiri atas dengan ujung kanan bawah dan garis ujung sudut kanan atas dan ujung kiri bawah.
  3. Lipat kertas bagian atas, kemudian dorong sisi kanan dan sisi kiri ke arah tengah.
  4. Sesuaikan lipatan kertas sesuai dengan garis lipatan yang telah dibuat sebelumnya hingga menjadi bentuk segitiga.
  5. Lipat kertas origami mulai dari bawah ke atas. Sisakan sedikit ujung segitiga di bagian atas.
  6. Balik kertas origami kemudian ujung kertas dilipat ke atas.
  7. Tekan bagian belakang kertas agar lipatan tak mudah terlepas.
  8. Lipat bagian kecil ujung atas kertas origami ke bawah sehingga berbentuk seperti kepala kupu-kupu. Lakukan hal yang sama di bagian lainnya sehingga bagian ujung yang dilipat tapi terkait.
  9. Lipat sisi kanan dan kiri kertas origami ke arah tengah sesuai dengan garis lipatan sebelumnya.
  10. Lipat lagi bagian kiri dan kanan kertas secara bersamaan sehingga berbentuk menyerupai sayap.
  11. Terakhir, rapihkan bentuk-bentuk lipatan sehingga sayapnya terlihat sejajar dan lebih sempurna.
  12. Agar kupu-kupu tampak lebih menarik, gunakan kertas dengan warna berbeda untuk membuat serangkaian kupu-kupu.
  13. Origami berbentuk kupu-kupu pun siap menghiasi dinding kamar tidur maupun ruang keluarga di rumah.

2.Origami bunga sederhana

Untuk melengkapi origami kupu-kupu yang sudah dibuat sebelumnya, Anda bisa membuat origami berbentuk bunga sederhana. Cara membuat origami bunga sederhana cukup mudah karena menggunakan bahan-bahan yang sama seperti origami sebelumnya.

  1. Langkah pertama membuat kerajinan tangan dari kertas origami berbentuk bunga adalah melipat kertas origami menjadi bentuk segitiga.
  2. Kemudian lipat sisi kiri dan sisi kanan ke bagian tengah sehingga origami berbentuk segiempat.
  3. Ambil setengah sisi yang dilipat sebelumnya kemudian lipat keluar, lakukan ini untuk setiap sisinya.
  4. Tekan bagian sisi yang dilipat setengah tadi kemudian buka lipatan dan tekan sehingga rata dan berbentuk seperti berlian atau layang-layang.
  5. Tekuk bagian atas sisi yang berbentuk layang-layang ke arah bawah, lalu lipat setengah sisinya ke arah dalam. Lakukan langkah ini untuk sisi kanan dan kiri.
  6. Bila sisi kanan dan kiri sudah terlipat, kemudian tekuk kertas origami ke arah tengah sehingga berbentuk seperti kerucut. Sisi potongan bunga yang pertama sudah selesai.
  7. Lakukan langkah di atas untuk membuat ke 4 potongan bunga lainnya. Bila 5 potongan bunga sudah selesai, satukan dengan lem kertas. Anda bisa menggunakan setiap potongan bunga dengan kertas yang berbeda warna sehingga bunga tampak lebih semarak.
  8. Tambahkan kawat di bagian bawah bunga origami sehingga Anda bisa menyatukan semua bunga yang dibuat menjadi satu buket bunga kertas.

3.Origami untuk hiasan dinding

Kertas origami bisa dimanfaatkan sebagai hiasan dinding sehingga dinding lebih berwarna dan tampak lebih menarik. Caranya yakni dengan membentuknya menjadi beragam bentuk tanaman, binatang atau bentuk lainnya.

  1. Langkah pertama untuk membuat kerajinan tangan dari kertas origami menjadi hiasan dinding adalah menyiapkan kertas origami dengan warna bervariasi, lem kertas dan gunting.
  2. Gunting kertas origami menyerupai dengan bentuk-bentuk daun atau bentuk ornamen lain yang Anda sukai.
  3. Jika Anda memilih bentuk daun, maka buat tema daun dengan warna layaknya dedaunan di musim semi yang cerah atau warna dedaunan di musim gugur.
  4. Kemudian olesi bagian belakang kertas origami dengan lem, lalu tempelkan kertas origami di dinding sambil sedikit ditekan.
  5. Anda bisa menempelkan hiasan dinding kertas origami ini di dinding ruang makan, ruang tidur anak atau di kulkas sehingga penampilan dapur jadi lebih semarak.

Kerajinan tangan dari kertas origami di atas bisa dibuat menggunakan kertas origami washi atau kertas origami dari Jepang. Kertas ini memiliki kualitas terbaik dengan permukaan yang agak kasar dan dijual dengan harga lebih mahal. Jika ingin lebih murah, Anda bisa membeli kertas origami washi yang dicampur dengan kertas origami polos.

Mengulik Kerajinan Tangan dari Kertas Origami Sederhana | Admin | 4.5