Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan Bekas Menjadi Hiasan Bernilai Tinggi

By On Rabu, April 18th, 2018 Categories : Kerajinan Sedotan

Kerajinan Tangan Dari Sedotan Bekas – Sayang sekali sampai saat ini kebanyakan orang menganggap remeh barang – barang bekas. Setelah mereka menggunakan barang tersebut langsung dibuang begitu saja. Misalnya seperti barang bekas dari kaleng, botol minum, sedotan dan lain sebagainya. Apabila barang – barang tersebut diolah kembali akan memberikan manfaat yang lebih bagi kita. Bahkan jika kita olah menjadi kerajinan tangan dari sedotan kita bisa menjualnya kembali.

Sedotan memang dibuat untuk tujuan sekali pakai. Namun sebenarnya kita dapat merecyclenya atau mendaur ulangnya menjadi sebuah kerajinan tangan. Tentunya dengan tujuan unuk menambah nilainya kembali dan membantu dalam mengurangi populasi sampah. Sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan dari sedotan bekas.

Aneka Kreasi kerajinan Tangan Dari Sedotan

Dan berikut ini adalah beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari sedotan bekas sekaligus cara membuat dan bahan tambahanyang diperlukan :

  1. Mengkreasikan sedotan menjadi vas bunga

Jika biasanya vas bunga terbuat dati tanah liat atau benda pecah belah lain. Kamu bisa memanfaatkan sedotan menjadi vas bunga. Selain lebih aman vas bunga ini juga lebih terjangkau. Bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat mudah didapatkan. Kamu hanya memerlukan sedotan, lem tembak, karton dan tambahan aksesoris lain agar lebih menarik

 

 

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong karton menjadi bentuk lingkaran, kemudian tempelkan sedotan mengikuti tepian karton menggunakan lem tembak. Kamu jug aharus menempelkan sedotan satu sama lain agar tidak copot dan berantakan. Dan langkah terakhir kamu bisa menambahkan aksesoris untuk mempercantik seperti tali dan lonceng.

  1. Membuat bingkai foto atau frame dari sedotan

Mengkreasikan sedotan menjadi sebuah bingkai foto tentunya akan membuatnya terlihat lebih unik dan beda dari yang lain. Selain kamu dapat membuatnya untuk dipakai sendiri, kamu juga bisa membuatnya dalam jumlah besar untuk dijadikan sebuah bisnis. Karena sampai saat ini bingkai foto masih menjadi favorit masyarakat untuk mengabadikan sebuah foto.

 

Bahan yang diperlukan tentunya sedotan, karton dan lem tembak. Cara membuatnya sangatlah mudah kamu hanya perlu memotong karton menjadi ukuran frame sesuai keinginnmu. Kemudian sesuaikan pula panjang sedotan dengan potongan kartonnya. Lalu tempelkan sedotan yang telah disesuaikan pada karton secara sejajar. Jika sedotan yang kamu miliki berwarna polos kamu bisa memberikan aksen warna lain agar lebih menarik.

  1. Membuat bunga dari sedotan

Jenis bunga yang satu ini tentunya tidak akan merepotkan kamu dalam merawatnya. Terbuat dari bahan sedotan plastik yang pastinya tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya saja kamu perlu membersihkannya dari sebu – debu yang menempel. Kerajinan tangan yang satu ini bisa kamu letakkan dimana saja, baik itu ruang pribadi kamu ataupun di ruang tamu.

 

Bahan yang diperlukan untuk membuat bunga dari sedotan, yaitu kertas warna, lem tembak, pita, benang, jarum dan yang pasti sedotan. Cara membuatnya pertama – tama potong sedotan menjadi 4 bagian dengan panjang yang sama. Kemudian satukan potangan tersebut dengan menjahitnya pada bagian tengah. Langkah terakhir kamu perlu menggunting secara diagonal pada tiap – tiap ujung sedotan.

Untuk membuat bunga mawar yang banyak kamu hanya perlu mengulangi langkah – langkah diatas. Agar membuatnya menjadi lebih menarik, kamu bisa menambahkan tangkai dengan sedotan berwarna hijau dan daun – daunan yang terbuat dari kertas warna.

  1. Membuat nampan dari sedotan

Jika kamu ingin nampan yang kamu miliki menjadi lebih menarik kamu bisa mengkreasikan sedotan di atasnya. Selain itu kamu bisa membuat nampanmu yang biasa menjadi suatu benda yang unik dan berbeda dari yang lain. Tak hanya dapat digunakan saat menyajikan hidangan kamu bisa meletakkannya di dinding sebagai hiasan untuk memperantik dindingmu.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat sederhana yaitu lem tembak dan sedotan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah  mengukur nampan kamu dan selanjutnya bagi menjadi 3 atau 4 ukuran dengan sama panjang. Kemudian potong sedotan yang telah disiapkan sesuai dengan ukuran yang telah kamu tentukan pada nampan. Yang terakhir kamu bisa menyusun sedotan – sedotan tersebut ke atas nampan secara sejajar. Alangkah baiknya kamu memilih 3 warna sedotan yang berbeda.

  1. Membuat hiasan langit – langit kamar dari sedotan

Sebenarnya hiasan untuk langit – langit sudah sangat banyak dijual. Namun tak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri. Kerajinan yang satu ini bisa membuat langit – langit kamarmu menjadi lebih enak dipandang. Beberapa bentuk yang dapat kamu buat dengan sedotan seperti kepingan salju dan bintang.

Bahan yang digunakan tentunya juga sangat mudah didapatkan. Kamu hanya  membutuhkan sedotan, lem tembak dan juga tali atau pita dengan ukuran kecil. Cara membuatnya kamu hanya perlu menekuk  sekitar 14 buah sedotan dengan salah satu sisi lebih pendek. Kemudian satukan masing – masing sedotan hingga membentuk sebiah bintang. Jika sudah jadi kamu bisa menggantungnya sebagai hiasan.

Untuk membuat bentuk bintang caranya lebih mudah. Kamu hanya memerlukan 5 buah sedotan. Kemudian langkah selanjutnya satukan sisi sedotan dengan sedotan yang lainnya hingga membentuk sebuah bintang. Setelah itu kamu bisa menggantungnya dengan tali yang telah kamu siapkan di langit ataupun dinding kamarmu.

  1. Membuat ornamen natal dari sedotan

Perayaan natal memang sangat identik dengan ornamen – ornamen cantik yang tentunya sangat dinantikan banyak orang. Kali ini kamu bisa membaut ornamen natal berbentuk pohon sebagai hiasan di hari natal kamu. Agar terlihat lebih manis dengan nuansa natal kamu bisa menggunakan sedotan dengan warna yang soft atau cerah. Seperti warna merah, hijau biru dan pink.

Bahan yang kamu perlukan untuk membuat kerajinan tangan ini adalah sedotan dengan bermacam – macam warna, lem tembak, karton dan kertas emas atau glitter. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah memotong karton menjadi bentuk segitiga sebagai alas nantinya. Begitu juga dengan sedotan dengan bentuk mengerucut mengikuti karton. Potong kertas glitter menjadi bentuk bintang sebagai hiasan.

Kemudian langkah selanjutnya tempelkan sedotan diatas karton yang telah dipotong dengan lem tembak. Lalu letakkan hiasan berbentuk bintang di bagian atas pohonnya yang telah dibuat tadi. Dan jangan lupa untuk menambahkan sedotan lain sebagai kayu dari pohon natal kamu.

Membuat kerajinan tangan tentunya memberikan manfaat yang besar bagi kita dan juga lingkungan. Selain bisa kita gunakan sendiri sebagai hiasan di rumah dan untuk dijual, membuat kerajinan ini juga bisa mengurangi jumlah sampah yang ada. Karena selain kita membuat dari sedotan yang baru, kita tetap bisa membuatnya dari sedotan bekas.

Dan itulah beberapa kerajinan yang dibuat dengan memanfaatkan sedotan bekas. Mulai dari kerajinan yang dapat dipakai sendiri sampai dijual. Kerajinan yang berupa vas bunga, bingkai foto, bunga mawar, nampan, hiasan berbentuk kepingan salju dan pohon natal bisa kamu coba sendiri dirumah. Karena terdapat penjelasan bahan, alat dan caranya yang mudah.

Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan Bekas Menjadi Hiasan Bernilai Tinggi | Aneka Kerajinan | 4.5